SpongeBob SquarePants

Kamis, 16 April 2015

Filosofi Asuhan kehamilan, lingku asuhan kehamilan, prinsip pokok asuhan kehamilan dan tujuan asuhan kehamilan

FILOSOFI ASUHAN KEHAMILAN
Defenisi dari Masa Kehamilan dimulai dari kosepsi sampai lahirnya janin, lamanya hamil normal adalah 280 hari (40 minggu atau 9 bulan 7 hari) dihitung darihari pertama haid terakhir (Saifuddin, 2002)
Kehamilan adalah mulai dari ovulasi sampai partus lamanya 280 hari (40 minggu) dan tidak lebih dari 300 hari (43 minggu). (Prawirohardjo, 1999)
Pembagian kehamilan dibagi dalam 3 trimester: Trimester pertama, dimulai dari konsepsi sampai 3 bulan (0-12 minggu); Trimester kedua dari bulan keempat sampai 6 bulan (13-28 minggu); Trimester ketiga dari bulan ketujuh sampai 9 bulan (29-42 minggu)
Ante natal care adalah asuhan yang diberikan ibu sebelum persalinan, dan prenatal care (JHPIEGO.2003:7)

LINGKUP ASUHAN KEHAMILAN
Asuhan Standar Minimal7 T antara lain : Timbang berat badan dan pengukuran tinggi badan, ukur  tinggi fundus uteri, pemberian imunisasi Tetanus Toxoid (TT) lengkap, pemberian tablet Besi minimal 90 tablet selama kehamilan, tes terhadap penyakit menular seksual, Temu wicara (Konseling dan pemecahan masalah) (Saifudin, 2002:90).

PRINSIP POKOK ASUHAN KEHAMILAN
Antenalal care merupakan pelayanan yang diberikan pada ibu hamil untuk memonitoring, mendukung kesehatan ibu dan mendeteksi ibu apakah ibu hamil normal atau bermasalah (Saifudin, 2001)
Kehamilan melibatkan perubahan fisik maupun emosional dari ibu serta perubahan social dalam keluarga, memantau perubahan-perubahan fisik yang normal yang dialami ibu serta tumbuh kembang janin, juga mendeteksi dan serta menatalaksanaan kondisi yang tidak normal. Pada umumnya kehamilan berkembang dengan normal dan menghasilkan kelahiran bayi sehat cukup bulan melalui jalan lahir namun kadang-kadang tidak sesuai dengan yang diharapkan (Saifudin, 2001).
Oleh karena itu pelayanan/asuhan antenatal merupakan cara penting untuk memonitor dan mendukung kesehatan ibu hamil normal dan mendeteksi ibu dengan kehamilan normal. Ibu hamil dianjurkan mengunjungi dokter atau bidan sedini mungkin semenjak ia merasa dirinya hamil untuk mendapatkan pelayanan/ asuhan antenatal (JNPKKR/POGI,2002:89)

TUJUAN ASUHAN KEHAMILAN
1     Memantau kemajuan kehamilan untuk memastikan kesehatan ibu dan tumbuh kembang ibu dan tumbuh kembang bayi.
2.      Meningkatkan dan mempertahankan kesehatan fisik, mental dan social ibu dan bayi.
3.      Mengenali secara dini ketidak normalan atau komplikasi yang mungkin terjadi selama hamil, termasuk riwayat penyakit secara umum, kebidanan dan pembedahan.
4.      Mempersiapkan persalinan yang cukup bulan, melahirkan dengan selamat ibu maupun bayinya dengan trauma seminimal mungkin.
5.      Mempersiapkan ibu agar nifas berjalan normal dan pemberian asi ekslusif.
6.      Mempersiapkan peran ibu dan keluarga dalam menerima kelahiran bayi agar dapat tumbuh kembang secara normal (JNPKKR/POGI,2002;90)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar